Filed under Catatan Harian

[9 Hari di Rumah Sakit] Para Pembesuk


9 hari di Rumah Sakit, membuat aku merasa sangat dicintai oleh orang-orang di sekitarku. Tak hanya suamiku, anak-anakku, papaku, dan  ibuku, tetapi semuanya… Ternyata mereka peduli dengan keadaanku yang tidak seperti Rino biasanya. Meski tidak selalu ditunggui, tapi para pembesuk yang datang dan pergi membuat hariku merasa tak pernah sendiri. Berikut aku mencoba merokonstruksi kehadiran … Baca lebih lanjut

[9 Hari di Rumah Sakit] PULANG


“Assalaamu’alaikum, Ibu.” “Wa’alaikumsalaam, dokter,” Jawabku sambil menilik papan nama di dada kanannya, ‘dr. ATIK’. Pasti ini dokter internist itu. “Nama saya, dokter Atik. Dokter Umira yang merujuk ibu kepada saya,” katanya tegas memperkenalkan diri. “Iya, Dokter.” “Saya periksa dulu ya…” Stetoskop coklat segera bersarang di telinganya dan bagian ujungnya menyentuh dadaku. “Ibu… Ibu ini kondisi … Baca lebih lanjut

[9 Hari di Rumah Sakit] BOCOR


Dokter yang merawatku sejak awal keluar IRD namanya  dr. Umira, Sp. JP FIHA. Dokter yang berparas manis dan cukup nyentrik menurutku. Tubuhnya langsing, berambut panjang bergelombang, dan tak pernah memakai riasan wajah, selain bedak mungkin. Dokter Umira baru melakukan visite esok hari. Setelah semalaman aku kelimpungan kesakitan. Diagnosa awal yang dokter cantik itu sampaikan adalah … Baca lebih lanjut

[9 Hari di Rumah Sakit] DROP


Sabtu siang yang menegangkan. Dua orang pelajar yang datang ke rumahku sampai tak sempat kupamiti. Awalnya, setelah mengobrol beberapa menit dengan Betty dan Farah, keduanya siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, dadaku terasa sesak. Sangat sesak sampai aku terbatuk beberapa kali. Degup jantung juga berdebar begitu kencang seperti habis berlari sprint 400 m. “Bentar, … Baca lebih lanjut

Kebaikan Itu Menginduksi


Ah… Kawan… Kau bilang, guru-guru sekarang lebih sibuk dengan urusan administrasi ketimbang disibukkan dengan tugas utamanya sebagai pendidik. Bagiku, itu ada benarnya… Hanya saja, urusan administrasi itu akan ada waktunya untuk ‘berhenti’ jika memang semua sistem (Kurikulum 2013) yang baru ini sudah berjalan sesuai dengan relnya. Kadang, yang membuat seorang guru merasa ribet dengan administrasi … Baca lebih lanjut

[Diary Ibu Tiri] Koq Ummi Tahu


“Lagi naksir cewek, Kak…?” Tanyaku kepada lelaki berusia belasan tahun itu. “Ah… Ummi…” Jawabnya malu-malu. Aku membalas jawabannya itu dengan tersenyum simpul lalu kembali ke dapur berkutat dengan kompor gas dan panci serta makanan yang ada didalamnya. Tak lama lelaki muda itu datang menghampiriku. Dia duduk di kursi makan di dapur. “Koq Ummi tahu…?” Tanyanya … Baca lebih lanjut

[Diary Ibu Tiri] Belajar Menakar Kebutuhan


“Mi, aku kekenyangan minum susu dari gelas yang itu,” ujarnya suatu hari. “Lalu…?” tanyaku tetap melanjutkan pekerjaanku. Seolah tak menanggapi dengan serius apa yang baru saja diucapkannya. “Ya… Besok aku minum susu dari gelas yang ini saja,” lanjutnya. Aku melirik padanya, “Kenapa…? Gak mau yang besar ajha…? Kan lebih banyak…” “Gak, Mi… Soalnya, aku gak … Baca lebih lanjut

Menghindari Seks Bebas Koq Mengajarkan Pacaran


Semalam, di timeline FB saya ada yang mengunggah foto buku Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMA/SMK Kelas XI Semester 1  hal 129. Di dalam halaman tersebut ada gambar laki-laki dan perempuan berjilbab dengan keterangan gambar “Berpacaran sehat tanpa melakukan seks bebas.” Tentu unggahan ini mengundang reaksi terutama bagi saya yang seorang pendidik ini. Dan pagi ini, … Baca lebih lanjut

Gagap Terhadap Perilaku Anak Remaja


Ketika anak memasuki dunia SMP, apalagi si anak adalah anak tunggal, anak pertama, atau anak perempuan satu-satunya, banyak orangtua yang saya hadapi mengeluhkan hal yang hampir sama. Diantara keluhan para orangtua itu adalah: anak lebih memilih dengan teman daripada dengan keluarga, anak lebih susah disuruh mengerjakan sholat, anak lebih senang menonton tayangan di TV, anak … Baca lebih lanjut

Naluri Seorang Ibu


Tiba-tiba aku resah dengan bau baju seragam anak pertamaku yang kucuci hari itu. Bau asap rokok! Darimana anak itu…? Mungkinkah dia berteman dan bergaul dengan pecandu rokok…? Atau dia berada di sekitar smokers dalam jangka waktu yang lama…? Atau… jangan-jangan dia yang merokok…? Ah… Tak mungkin pertanyaan terakhir yang menjadi jawabannya. Sebab, kalau dia yang merokok, … Baca lebih lanjut

5th Year Blogoversary


Saya dah jarang main ke blog ini lagi… Sampai – sampai, rumah virtual ini kumuh dan berdebu. Hanya bunyi jangkrik dan sarang laba-laba disana sini. Sejak bulan Maret lalu, intensitas saya menulis di blog, atau sekadar blog walking amat sangat berkurang. Yah… Punya 4 anak laki-laki sekaligus itu, menyita ‘banyak’ waktu. Disamping waktu penyesuaian, juga waktu untuk membersamai … Baca lebih lanjut

Our Farewell


Originally posted on NailahKhansa:
My be loved teachers This is a life Sometimes, we begin to star something When, we will end it ? My beloved teachers We have walked for thousand miles Lot of obstacles we have passed We have shared the sadness and happiness ? When we have to separate, we have known…

Mlaku-Mlaku Ambek Fauzan


Haha…. Aku lagi pengen rodo ‘anti mainstream’ thithik. Pingin nulis nggawe boso Suroboyoan. Nek gak ngerti artine, sampeyan iso nranslate nganggo Mbah Google… Bek e si mbah ngerti opo isine postingan iki. Mulai yo… Wulan Nopember 2013 kepungkur, aku ambek anakku Fauzan mlaku-mlaku keliling Suroboyo. Yo… Gak muter adoh-adoh… Muk nang patung Suroboyo ngarepe bonbin, nang … Baca lebih lanjut

[Diary Ibu Tiri] Fokus Pada Kebaikan


Semalam, terjadi kehebohan di rumah. Gegara si sulung Naufal tidur di tempat tidur Syafa. Waktu itu si sulung sedang pundung karena ayahnya mengambil gadget dari tangannya secara tiba-tiba. Sebelumnya, si sulung sudah diingatkan berkali-kali, namun si sulung tetap bergeming dan makin asyik dengan gadgetnya. Si sulung kaget atas tindakan sang ayah yang benar-benar mengambil gadget dari tangannya saat hendak mengunggah score yang dia dapatkan … Baca lebih lanjut