Mereka Menunjukkan Cintanya


Tiga hari belakangan banyak SMS yang masuk ke HP saya. Pesan-pesan singkat  saya terima, baik dari teman seprofesi maupun dari teman-teman kuliah saya dulu dan teman-teman “baru” saya di lingkungan ini. Tidak biasanya mereka mengirim pesan-pesan singkat seperti ini kepada saya. Mungkin mereka sedang merindukan saya, sehingga SMS itu dikirimkan pada menit yang hampir bersamaan.

Beginilah bunyi beberapa pesan singkat itu :

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram” Met tidur, mbak. Have A nice dream (Bu Wulan)

“Spirit of today: Sesungguhnya Dia mengujimu dengan sedikit masalah, adalah Dia yang selama ini membanjirimu dengan lautan nikmat.. Maka berbaik sangkalah kepadaNya. Jika beban yang kau rasa saat ini begitu memberatkan punggungmu, maka berbahagialah. Karena Dia telah percaya punggungmu telah kuat memikulnya. Jika saat ini harapanmu tak terwujud, maka berbahagialah. Karena Dia percaya kita akan tegar menerimanya.” (Kang Rusdi)

“Ketika kehendakmu tak sejalan dengan kehendak-Nya.. Biarkanlah kehendakNya yang berjalan atas hidupmu.. Karena kehendak-Nya adalah kebaikan untukmu..” (Bu Yuli)

“Bila hari ini Allah titipkan berbagi pernak pernik ujian, berjanjilah untuk tetap tegak berdiri dan melewati ujian Rabb mu, karena suatu saat nanti kita akan merasakan manisnya memperjuangkan kesabaran dan ketaatan. Maka bersabarlah dan tetap tersenyum. ^__^. Uhibbukifillah.” (Mbak Ika)

“Jagalah Allah di hatimu, maka Allah akan menjagamu. Jagalah Allah dengan ikhtiarmu dalam beribadah hingga hatimu dekat, dan merasakan bahwa Allah sedang dan selalu menajagamu.” (Tuty)

“Ketenangan adalah penambah keimanan. Keyakinan bahwa Allah selalu bersama kita dan akan member petunjuk serta menolong hamba-Nya. Kegelisahan adalah penjaga diri dari bangga hati. Keyakinan bahwa Allah bersama kita dan selalu mengawasi setiap gerak agar kita tidak gegabah dalam melangkah. Pagi ini hiasi langkah kita tuk menggapai Ridho Allah. SWEMANGAT!” (Bu Wiwid)

***

Disamping beberapa SMS diatas, saya merasa benar-benar mendapat perlakuan istimewa dari orang-orang di sekitar saya, bertubi-tubi dalam seminggu ini.

Pertama, murid-murid saya –yang  tahun lalu saya ajar dan hari ini duduk di kelas II–  tiba-tiba “nyamperin” saya dan meminta diberi taujih hari itu. Tapi saat itu, saya tidak bisa. Jadi saya tolak. Saya berjanji esok hari saya akan datang ke kelas itu setelah sholat Dhuhur dan memberikan sebuah kisah menarik pada mereka.

Keesokan harinya, saya dijemput mereka yang tak sabar ingin mendengar kisah apa yang akan saya ceritakan hari itu. Ya, dijemput. Yang menjemput pun tak tanggung-tanggung. Hampir seisi kelas mendatangi kelas saya. Wah… Wah… Wah… Murid-murid saya sampai terbengong-bengong melihat ulah mereka.

Kedua, beberapa hari yang lalu juga saya diberi kue oleh murid saya yang sebelumnya tidak pernah membagi bekalnya kepada siapapun. Hari itu dia membaginya kepada saya. Bukan jumlah yang saya lihat, tapi niat dan perubahan sikap ini bagi saya cukup mengesankan. Saya anggap ini sebuah perlakuan istimewa. Dan karena “ulahnya” itulah, kemudian berdatangan kue-kue yang lain ke meja saya.

Ketiga, tadi saat istirahat siang, kembali hadir 2 buah coklat putih berbentuk roda di meja saya. Kata si pengantar, “Ini buat Ustadzah. Dari Jasmine.”

Kemudian saya berkata, “Terima kasih. Lalu dimana mbak Jasmine?” Tanya saya kemudian.

“Dia di luar, Ustadzah. Malu katanya. Sudah ya, Ustadzah. Kami pamit.” Jawab si pengantar.

“Baik, terima kasih, ya Nak. Sampaikan salam Ustadzah buat mbak Jasmine.” Saya berdiri dan mengantar mereka keluar kelas. Berharap menjumpai Jasmine si pemberi coklat. Namun ternyata, Jasmine tidak ada. Saya sempat melihat sekelebat bayangan tubuhnya menghilang dibalik tangga naik ke lantai 2. Benar-benar malu rupanya. Saya berjanji dalam hati. Besok saya akan menemuinya. Dan mengucapkan langsung kalimat Terima Kasih, sambil menatap lekat dan dalam mata indahnya. Jasmine memang memiliki mata yang sangat indah.

Keempat, saat saya akan pulang sekolah. Salah seorang rekan guru –kolega saya di jenjang 1– datang menemui saya. Saya pikir beliau akan bertanya mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk esok hari. Ternyata tebakan saya salah besar. Tiba-tiba beliau mengeluarkan sesuatu dari dalam saku bajunya. “Ini buat anti.” Katanya.

“Waaaaaaa… Jazakillah. Terima kasih, Ustadzah. Dari siapa nih?” Tanya saya.

“Ya dari ana, lah.” Katanya menyeringai manja.

“Tumben. Ada apa, nih? Jangan-jangan ada maunya.”

“Ye… Su’udzon. Gak mau? Ya sudah, sini!” Katanya sambil pura-pura ngambek dan mengambil kembali seonggok jingga yang berbungkus plastik itu.

“Bukan su’udzon, Cinta… Kan dirimu jarang memberiku sesuatu.” Jawab saya sekenanya. Saya sering memanggil dia dengan sebutan ‘Cinta’ memang. Saya dan dia sering melakukan aktivitas bersama. Seperti makan bakso dan menghabiskan waktu dengan mendiskusikan perangkat pembelajaran. Saya punya selogan dengannya. TIDAK ADA DUSTA DIANTARA KITA. Seperti lagu, ya?

“Pelecehan! Ini mumpung ada, Ustadzah. Terimalah. Sebagai hadiah kemarin mengajak ana jalan-jalan.” Katanya. Memang hari Kamis sore kemarin, saya mengajaknya jalan-jalan menikmati Sidoarjo bersama anak saya, Fauzan.

“Oke lah kalau dirimu memaksa.” Balas saya sambil bercanda.

“Hallah… Yaw wes, ya. Ana mau pulang.” Dia pamit meninggalkan saya setelah sebelumnya menyalami saya dan mengucapkan salam.

“Oke. Jangan kangen, ya Cinta…” Canda saya setelah membalas salamnya.

***

Begitulah, saya merasakan begitu banyak cinta yang saya terima beberapa hari belakangan. Bahkan dari teman-teman yang baru saya temui di dunia maya. Kami belum pernah bertemu sebelumnya, tapi saya kecipratan juga indahnya cinta lewat jalinan ukhuwah.

Semoga indahnya cinta ini akan membawa kita ke jannah-Nya.

 

***

Sidoarjo, 07 Pebruari 2011

09:28 PM

With the sweetest orange in my mouth.

 

Tagged: , , , , , , , ,

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan ™

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilét/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

