Ide Tentang Kopi


Dua hari yang lalu, mantan adik binaan saya, yang baru masuk PTN tahun ini, mengirim pesan kepada saya. Isinya meminta saran untuk tugas kuliahnya. Dia dan teman-teman dalam kelompoknya diminta untuk membuat produk baru berbahan dasar kopi.

Saya pecinta kopi. Ya, tidak terlalu mencinta juga siy… Hanya sekadar minum segelas kopi setiap pagi atau sahur saat berpuasa. Pertanyaan darinya membuat rasa penasaran saya membuncah (lebay).

Kira-kira, produk apa yang berbahan dasar kopi yang masuk dalam kategori new product..?.

Otak saya langsung terlintas tentang aroma kopi yang khas itu. Mengapa tidak pernah ada pengharum ruangan, atau pengharum mobil, atau penghilang bau yang beraroma kopi, ya? Maka, saya kirim pesan padanya dengan menuliskan; Bagaimana dengan pengharum ruangan?

Ya… ya… ya… ya… Kopi untuk dinikmati sebagai minuman sudah banyak jenisnya. Pun efek baik kopi bila dikonsumsi sewajarnya. Tapi untuk produk lain selain minuman, agaknya belum banyak dilakukan “penelitian”.

Pembahasan tentang kopi ini, mengantarkan jemari saya mengetikkan sebuah frasa yang berkaitan dengan kopi  di mesin pecarian di internet. Saya temukan situs ini. Dalam situs itu, ampas kopi (léthék, kata orang Jawa) dibuat sebuah kerajinan, yang cukup unik. Mirip hena yang dipakai untuk menghias tangan pengantin wanita. Ampas kopi dilukiskan pada sebuah media seperti gelas, cangkir, kain, atau kertas. Bentuknya bervariasi sesuai dengan keinginan.

BRAVO!!! Ide ini cukup kreatif dengan membuat sampah menjadi bernilai dan indah.

Kemudian, saya mencoba mencari pengharum ruangan aroma kopi. Saya menemukan ternyata telah ada yang membuatnya. Sebuah produk pengharum mobil beraroma kopi. Tapi, koq saya belum pernah tahu di pasaran, ya? Mungkin kurang gencar promosinya.

Kemudian, otak saya kembali berputar. Kira-kira, apa lagi yang bisa dibuat dengan bahan dasar kopi, ya? Tiba-tiba, HP saya berbunyi. Si “adik” mengirim pesan lagi, isinya; Mbak, bagaimana kalau permen kopi rasa jahe atau buah-buahan. Misalnya  strawberry gitu.

GOOD!!! Agaknya, ini juga belum ada di Indonesia. Saya jadi teringat tulisan saya sebelumnya disini. Seorang teman saat saya duduk di bangku kuliah, sembari merokok di hadapan saya –dan beberapa kawan lainnya yang sengaja menutup hidung– bergumam, “kenapa gak ada produsen rokok yang berpikir membuat produk rokok yang asepnya bau strawberry, kek?”

Sebenarnya, ide teman saya itu masuk dalam kategori kreatif. Sampai detik ini, sepertinya belum ada produk seperti itu (atau jangan-jangan sudah ada dan saya belum pernah tahu?), hanya saja letaknya tidak tepat. Karena produk yang dibidiknya adalah rokok. Sesuatu yang mengandung banyak mudharat.

Well, kembali ke permen kopi. Yang ada saat ini hanya ada produk permen kopi atau kopi susu. Sedangkan permen kopi rasa jahe atau rasa buah belum pernah ada. Ide ini bisa dikategorikan new product.

Tapi, sebagai penyuka kopi, saya koq merasa “diselingkuhi” jika lezatnya taste kopi itu bersanding dengan jahe atau buah. Rasa kopinya, jadi kurang nendang. Whatever lah. Ini hanya pendapat saya saja. Mungkin pendapat yang lain berbeda. Yang pasti, maju terus, Dik untuk permen kopi aneka rasa itu.

Otak saya masih terus berputar. Kira-kira apalagi?

Kemudian, saya teringat sebuah tayangan televisi yang mengulas tentang pengrajin kayu manis. Jemari saya pun mengetikkan sebuah frasa di mesin pencari, dan saya menemukan ini. Dalam benak saya, mungkin tidak ya, kopi dibuat menjadi kerajinan seperti itu? Kopi juga memiki sebuah bentuk yang unik. Artinya, jika diolah dengan baik, maka kopi bisa membuat motif yang indah. Aroma kopi pun bisa dinikmati oleh si pemilik barang kerajinan. Yang satu ini belum memang belum pernah ada. Namun dengan harga kopi yang mahal, harga jual kerajinan ini akan menjadi sangat mahal. Tidak sesuai antara harga barang dan nilai guna. Harga barang kemungkinan bisa lebih rendah dari harga kopi itu sendiri. Wah… Orang-orang di perkebunan kopi bisa marah-marah dengan ide ini.

Bagaimana dengan membuat batik dengan motif kopi, ya? Apakah sudah pernah ada batik dengan motif kopi ya? Kalau yang ini bahan dasarnya bukan kopi, ya…? Hehehe.

Well, dari ide “kopi”, paling tidak ada beberapa ide produk baru yang mungkin bisa dipasarkan :

  1. Ampas (alias léthék) kopi yang dibuat batik untuk hiasan yang sudah dipopulerkan disini.
  2. Pengharum ruangan/mobil/kapur barus aroma kopi.
  3. Permen kopi rasa jahe atau buah-buahan.
  4. Kerajinan kopi, dan yang terakhir
  5. Batik kopi

Wah, pemberi tugas di kampus itu pasti senang dengan karya-karya “gila” lainnya dari mahasiswa dengan bahan dasar kopi, ya…? Tentu saja, beliau akan bangga dengan para mahasiswa yang mampu berpikir lebih kreatif lagi.

Saya jadi teringat Ustadz Choirul, salah satu teman guru di SDIT Insan Kamil yang selalu mengatakan kepada kami, para guru, untuk berpikir Out of The Box dari pembelajaran kontemporer. Cara ini digunakan oleh sang dosen untuk memancing mahasiswanya agar selalu berpikir kreatif. Good Job, Sir!

***

Semarang, 13 Oktober 2011

09:54

Tagged: , , , , , , , ,

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan ™

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilét/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

