Investasi Emas, Mempertahankan Kekayaan


Sebenarnya, ini termasuk postingan yang cukup telaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat. Tak mengapa lah.. Saya coba untuk menuliskan sedikit yang saya ingat.

Sudah sejak lama saya ingin berinvestasi emas. Saya pikir (juga berdasarkan beberapa masukan dari teman dan ajakan dari buku yang saya baca), harga emas di masa yang akan datang tidak mungkin turun. Maka, setelah Kuda terjual, papa sudah saya daftarkan haji, uang suami ‘saya kembalikan’ (untuk uang masuk sekolah spesialis yang nilainya agak memberatkan kantong), maka saya segera mencari informasi terkait dinar dan emas.

Dalam beberapa hari, saya mengobrak-abrik google demi mendapatkan informasi lengkap tentang dinar dan emas ini. Di toko-toko emas di Sidoarjo, sebenarnya dijual emas lantakan (istilah lain selain emas batangan, saya sendiri belum pernah melihat bagaimana bentuknya). Memang harga jualnya sedikit lebih rendah dari emas batangan PT. Antam. Tapi, saya berpikir ulang untuk membeli emas model begini. Sebab, jika Allah mentakdirkan saya pindah rumah dan jauh jaraknya dari Sidoarjo, saat saya kepepet butuh uang, susah untuk menjualnya kembali. Denger-denger siy, kalo beli emas begitu di toko emas, ya jualnya harus ke toko emas asal, agar harganya bisa tetap tinggi. Ngomong-ngomong, saya belum berniat untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan. Mungkin lain waktu.

Setelah melakukan sedikit penerawangan itu, akhirnya saya memutuskan untuk memilih membeli emas dari PT. Antam. Berdasarkan informasi yang tertera di website nya, maka saya segera menuju ke lokasi penjualan. Untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, PT. Antam membuka loket di Kantor Pos Besar Surabaya, Jl. Kebon Rojo no. 10. No telp. yang bisa dihubungi (031) 3536131. Sehari sebelumnya, saya menghubungi nomor tersebut, untuk mengetahui secara pasti, pukul berapa loket dibuka dan ditutup, kapan waktu istirahatnya, dan bagaimana cara pembayarannya. Meskipun di website sudah tertulis jelas, toh tak ada salahnya jika saya bertanya langsung kepada petugas/karyawan PT. Antam tersebut.

Dari rumah saya di Sidoarjo, saya berangkat naik angkot lyn W ke Surabaya. Saya turun di Terminal Wonokromo, tempat pemberhentian terakhir rute yang ditepuh lyn tersebut. Saya harus membayar Rp 5.000 kepada supir angkotnya. Dari terminal Wonokromo, saya naik angkot lyn M, yang melewati Kantor Pos Besar Surabaya. Lyn itu berakhir di JMP (Jembatan Merah Plaza) sepertinya. Dan saya hanya harus membayar Rp 3.000,- saja. Sebenarnya, bukan itu saja moda transportasi yang dapat saya pergunakan untuk menuju ke Kantor Pos Besar di Surabaya dari Sidoarjo. Saya bisa menggunakan Bus Kota jurusab Sidoarjo – JMP, yang dapat ditemui di Pasar Larangan. Dari sana, bis akan langsung masuk tol Sidoarjo dan keluar lewat tol Dupak. Weaalllaaaaaaaaah… lha koq jadi cerita rute moda trasnportasi. ^__^

Sesampainya di kantor pos, mata saya celingak-celinguk, saya mencari-cari dimanakah letak loket PT. Antam. Ternyata letaknya tidak di dalam gedung kantor pos, melainkan di sekitar gedung tersebut (belakang ATM center). Begitu masuk, karena tak banyak antrian, saya langsung berhadapan dengan petugas. Dan bertanya, “Enaknya saya beli emas atau dinar?”

Petugas menyarankan saya untuk membeli emas batangan terlebih dahulu. Nanti kalau punya ‘uang lebih’ lagi, bisa dicoba untuk membeli dinar. Dan penjelasan petugas ini mencerahkan saya. Maka, bismillaah… Saya pun akhirnya mantap untuk membeli emas batangan, 30 gr dalam bentuk @ 10 gr.

Dan baru kali itu saya pegang emas batangan. Ada sertifikatnya ternyata. Haha… selama ini kemana aja sampe gak tahu yang beginian??? Setiap emas batangan meiliki ID number. Ada rasa haru yang menyertai saat emas itu sudah ada di genggaman. Ya… Saat membeli emas itu, memang saya sedang dalam tingkat stres yang cukup tinggi. Emosi jiwa banget, deh… Galau…🙂

Dan ini lah, ketiga emas batangan yang saya miliki, masing-masing 10 gr an ya…

CFG - 042

CFG - 05o

CFE - 067

Untung kemarin cepet-cepet beli emasnya. Waktu itu harga emas sedang ‘bagus’ untuk dibeli. Kalau harta tidak segera dirupakan benda berharga seperti ini, bisa-bisa uang yang tak seberapa itu bablas angine

Nah, buat Anda yang sudah punya tabungan lebih, tak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi dengan emas dan atau dinar. Emas memang tak membuat seseorang menjadi kaya, tapi emas dapat mempertahankan kekayaan seseorang. ^_^

Wanna try?

 

***
..:: LaiQ ::..
Sidoarjo, 03 Maret 2012
16:16

Tagged: , , , , ,

31 thoughts on “Investasi Emas, Mempertahankan Kekayaan

  1. Murtosiyah 6 Februari 2016 pukul 6:43 PM Reply

    Sore, saya juga miant buat invest emas batangan tp gak bingung dengan penyimpanannya….maklum kmrn sempet punya simpenan perhiasan emas tp karena pindah dan pencurian akhirnya diuangkan semua.
    Boleh minta tipsnya gmn mekanisme bunda buat mengamankan/ menyimpan invest emas batanga tsb…karena klo masih sedikit kyknya blm perlu safe deposit box di bank deh…🙂

    Suka

    • Lailatul Qadr 8 Februari 2016 pukul 5:51 AM

      Hehehe… Sementara ini, emas saya, saya titipkan di rumah ibu saya yang relatif “lebih aman”.

      kalau dinar, saya simpan di m-dinar…

      Suka

  2. Haksa 11 Mei 2015 pukul 8:16 AM Reply

    Kalo boleh tau kenapa disarankan emas LM daripada dinar ya?

    Suka

    • Lailatul Qadr 18 Mei 2015 pukul 10:55 AM

      Hai Haksa… Saya investasi dengan 2 cara koq… LM dan dinar. LM saya beli kalau tabungan saya sedang banyak. Dinar kalau tabungan saya masih sedikit…

      Suka

  3. Achmad Dzanun 8 Mei 2014 pukul 10:40 AM Reply

    Benar emas tidak bisa membuat orang kaya mendadak tapi bisa mempertahankan kekayaan. Istilahnya bisnisnya orang tua. lambat tapi selamat. Tidak harus mempunyai uang banyak. Dan yang tidak kalah pentingnya, kalau ada keperluan mendadak cepat nguangkannya.

    Suka

  4. ummu muhand 28 Desember 2013 pukul 11:30 AM Reply

    bedanya apa ya mbak kalo ama emas perhiasan?

    Suka

    • Lailatul Qadr 30 Desember 2013 pukul 1:17 PM

      Bedanya, kalo beli perhiasan kalau mau jual hari di toko tempat pemnbelian agar tidak turun banyak harganya.

      Suka

  5. hans 19 Juli 2013 pukul 11:28 AM Reply

    info yg sangat bagus dan menarik…mantab

    Suka

    • Lailatul Qadr 19 Juli 2013 pukul 1:16 PM

      Terima kasih… Semoga bermanfaat…

      Suka

  6. RINI DWI NOVI 20 April 2013 pukul 7:43 PM Reply

    Berapa ya harga LM sekarang??? ª∂a̲̅ Ъќ>:/ ya LM di kantor pos kebonrojo yg ukuran 5 gr…ciri2nya kita beli LM yg asli gmn???

    Suka

    • Lailatul Qadr 1 Mei 2013 pukul 5:07 AM

      Sekarang harga LM lagi murah. Silakan mukai invest. Kalau mau cek ada atau tidaknya lempeng 5 gr di kantor pos kebon rojo, bisa langsung mengunjungi laman yang yang ada di atas.

      Suka

  7. Titin 4 Februari 2013 pukul 4:10 PM Reply

    Terima kasih infonya…🙂

    Suka

  8. Titin 2 Februari 2013 pukul 7:27 AM Reply

    Cara pembayarannya bagaimana? Mengingat uang yang dibawa banyak. Debit bisa sampai brp?

    Suka

    • Lailatul Qadr 3 Februari 2013 pukul 11:12 AM

      Debit memang dianjurkan untuk pembayaran diatas 3 juta…

      Suka

  9. Soul 29 Januari 2013 pukul 4:33 PM Reply

    Assalamualaikummm
    salam kenal, ummi fauzan:-)

    Suka

    • Lailatul Qadr 30 Januari 2013 pukul 9:23 AM

      wa’alaikumsalaam…

      salam kenal…

      Suka

  10. mas kikis 29 Mei 2012 pukul 1:15 PM Reply

    tanya pengalaman nya dong… saya juga baru pindah ke surabaya. kemarin waktu ke sana hari apa dan jam berapa ?? soal nya klo kata orang orang antri nya panjang. bener ga tuh?.. klo ga antri boleh juga langsung ke sana hehe.. terus kira kira tempat nya aman ga ya dari kriminal?
    thanks for sharing..

    Suka

    • Lailatul Qadr 31 Mei 2012 pukul 6:05 PM

      Insya Allah aman. Ngantri gak panjang koq. Cuma kalo dah 20 ato 30 transaksi, dia akan tutup. Kesana pagian ajha..

      Suka

  11. Roni Yusron 20 Maret 2012 pukul 10:27 AM Reply

    Alamat webnya yang mana ya?😛

    Suka

    • Lailatul Qadr 20 Maret 2012 pukul 1:39 PM

      Bukannya udah? Liat di side bar kanan pak..

      Suka

  12. len 3 Maret 2012 pukul 8:01 PM Reply

    wah thanks infonya mb, bisa dicoba kalo ada kesempatan..

    Suka

  13. puchsukahujan 2 Maret 2012 pukul 11:31 PM Reply

    saya menyimak dulu saja mbak,
    mau investasi belum punya penghasilan yang memadai
    lha wong bayar SPP saja masih minta orang tua kok😀

    Suka

    • Lailatul Qadr 3 Maret 2012 pukul 4:05 AM

      Kan udah kerja juga…?
      Ya… Liat-liat website nya dulu, kan gak papa… Barangkali ada malaikat lewat dan mengabulkan mimpi mbak Puch… ^__^

      Suka

  14. Teguh Puja 2 Maret 2012 pukul 10:07 PM Reply

    Kadang ada rasa ragu untuk berinvestasi emas ini Mbak, selain memang ini belum benar-benar dikenal luas, seringkali saya takut tertipu.

    Suka

    • Lailatul Qadr 3 Maret 2012 pukul 4:03 AM

      Makanya, saya belinya di PT. Antam saja. BUMN siy… Ya… cukup terpercaya, lah…

      Suka

  15. Gusti 'ajo' Ramli 2 Maret 2012 pukul 7:04 PM Reply

    saya pernah diajakin teman berinvestasi emas batang dari PT Antam ini, namun waktu itu belum ngeh dan sedang gak punya duit… Setelah membaca postingan ini saya mulai tertarik. btw harganya berapa sekarang ya mbak?

    Suka

    • Lailatul Qadr 2 Maret 2012 pukul 7:15 PM

      Bergantung dari berapa gram yang dibeli. 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100 atau yang 1000 gr. Harga di PT. Antam sendiri fluktuatif. Setiap hari update terus…

      Tergantung kebutuhan dan keuangan…

      Sila memantau langsung website PT. Antam. ^__^

      Suka

    • Gusti 'ajo' Ramli 2 Maret 2012 pukul 7:18 PM

      oo, iya.. ternyata di websiteny lengkap ya… makasih🙂

      Suka

    • Lailatul Qadr 2 Maret 2012 pukul 7:20 PM

      Iya… Sama-sama, Ajo… ^_^

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan ™

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilét/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: