Curhat Colongan tentang Buku Catatan Cinta dari Mekkah


Setelah 12 hari sejak membeli, akhirnya aku selesai juga membacanya. Lama beud ya..? Masa’ baca Krispi (Kisah Inspirasi) begitu butuh waktu 12 hari? Hadeuh.. Gimana kalo baca jurnal ilmiah ya? Bisa jadi gak dibaca. Malah cuma buat bantal untuk tidur. Hue..

OK.. Kita mulai.

Buku Catatan Cinta dari Mekkah (CCdM) ini adalah buku karangan Awy Ameer Qolawun. Sebuah buku yang berisi kumpulan catatan Gus Awy (nama panggilannya) yang pernah dibuat dan dipublikasikan di note di Facebook.

Isinya, melulu tentang Mekkah…? Tidak. Isinya macam-macam. Yang paling banyak adalah kisah dari masa lalunya. Mulai dari kenakalan Gus Awy yang notabene anak seorang Kyai tersohor di Lamongan sana, kenangan masa kecil hingga remaja, penggambaran suasana pesantren, motivasi untuk belajar, motivasi untuk menulis, motivasi untuk beribadah, dan tentu saja cerita-cerita konyol tapi seru di hampir semua judul. Semuanya dibingkai dengan bahasa-bahasa keseharian, mudah dimengerti, dan dibalut dengan dasar-dasar keislaman yang kuat yang kadang luput dari pandangan kita sebagai seorang Muslim.

Membaca catatan-catatan dalam buku itu, seakan menyadarkan kembali semua kualitas ibadah yang selama ini kita (aku pribadi terutama) lakukan. Bahasanya ringan, tidak menggurui, santun, dan meluncur begitu saja. Dan yang pasti, Gus Awy menuliskannya dengan hati. Betul gak, Gus…?

Mengapa ada kata “dari Mekkah”? Aku sendiri, awalnya sedikit terkecoh dengan judul itu. Maklum saja, aku agak jengah dengan kata “Cinta” yang ikut nyempil disana. Tapi aku tertarik karena kata Mekkah-nya. Sebuah tempat yang ingin sekali aku datangi, terlebih 5 bulan terakhir ini. Makanya, aku beli buku ini. Hue.. Ketahuan deh..

Nah.. Setelah membacanya, aku baru tahu kalau kata “dari Mekkah” itu adalah sebagai penekanan bahwa catatan-catatan yang ditulis dalam buku ini, asli made in Mekkah. Sebuah kota tempat Gus Awy menuntut ilmu selama 10 tahun terakhir ini. Disanalah dia menuliskan pengalaman hidupnya yang penuh hikmah itu.

Ada bagian-bagian cerita yang mampu membuatku mbrebes mili. Cerita tentang guru, tentang Ramadhan, tentang ikhlas, tentang haji, juga tentang umroh, membuat otakku seakan direfresh. Ada yang seolah datang lagi setelah sekian lama menghilang dari dalam diriku.

Cerita yang dituliskannya tentang hal-hal diatas sebenarnya cukup sederhana. Namun tajam ulasannya. I like it much.

Buku ini tepat dibaca sebagai sarana rekreasi dari ‘kelelahan’ membaca buku lain. Setelah membacanya, diharapkan akan timbul semangat baru, yang lebih fun. Utamanya semangat baru untuk beribadah kepada-Nya.

Aku sedikit kecewa dengan beberapa hal yang bersifat teknis dalam buku ini. Gak papa kan, aku menuliskannya disini?

image

Buku Catatan Cinta dari Mekkah

Pertama, cover yang agak terlalu tipis untuk buku setebal itu. Liat saja foto diatas. Covernya dah kriting kan? Kedua, beberapa kesalahan kata tidak diedit. Aku agak risih dengan kata dasar ‘ubah’ yang berganti menjadi ‘rubah’ dalam buku ini. Ketiga, aku sempat kewalah membaca 1 judul. Di judul itu, tulisannya sangat kacau. Hanya 1 judul sih.. Tidak banyak. Dan keempat, cetakan di halaman-halaman terakhir kabur. Untuk yang berkacamata minus seperti aku, tulisan bercetak seperti ini tentu saja terasa sangat menyiksa dan menyakitkan.

Untuk lay out dan susunannya sih, lumayan lah. Cover juga cukup macho.

Untuk yang pengen refreshing ruhani, buku ini tepat untuk dibaca. Selamat membaca, kawan.

NB : Kabarnya, separuh royalti dari penjualan buku ini akan disumbangkan kepada Teh Pipiet Senja untuk biaya pengobatan sakitnya yang menjangkiti seumur hidupnya itu. Sedangkan sisanya, akan diserahkan pada yatim piatu. Makanya, beli bukunya. Niat Gus Awy ini mulia sekali, lho. Semoga Allah membalas kebaikan Gus Awy dengan pahala yang berlipat ganda, ya.. Aamiin..

***
..:: LaiQ ::..
Semarang, 21 Maret 2012
14:14
Ada cicak masuk angin
Emang enak dikacangin?

Tagged: , , , , , , ,

8 thoughts on “Curhat Colongan tentang Buku Catatan Cinta dari Mekkah

  1. Anie 24 Maret 2012 pukul 9:47 PM Reply

    mba ketemu buku ini digramedia ya?

    Suka

    • Lailatul Qadr 26 Maret 2012 pukul 11:06 AM

      Gak… Beli pas ada launching bukunya…

      Suka

  2. Danni Moring 23 Maret 2012 pukul 8:00 AM Reply

    bagus yah sepertinya bukuny.a..

    Suka

  3. puchsukahujan 21 Maret 2012 pukul 10:24 PM Reply

    baru denger judul buku ini, sudah beredar sampai Jogja kah??

    Suka

    • Lailatul Qadr 22 Maret 2012 pukul 2:40 AM

      Emang bukunya baru launch kpq, mbak… Mungkin belum bnyak beredar… ^__^

      Suka

  4. awy' 21 Maret 2012 pukul 4:08 PM Reply

    nih aku nulis catatannya sambil siap2 tidurπŸ˜€ moga manfaat, insya Allah dicetakann berikutnya dibenahiπŸ™‚

    Suka

    • Lailatul Qadr 21 Maret 2012 pukul 9:38 PM

      Hehe.. tuh resensinya juga harus dibenahi.. nulisnya pake hp soalnya..

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan β„’

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilΓ©t/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: