[Diary Fauzan] Awal Masuk di TK B


Hasil Karya Fauzan

Hasil Karya Fauzan

Tahun Pelajaran 2012-2013 sudah beberapa bulan dimulai. Fauzan yang tahun ini menginjak 5 tahun 3 bulan (Bulan Juni), awalnya harus masuk TK A. Padahal, secara usia, Fauzan sudah boleh TK B. Tapi karena tahun sebelumnya Fauzan ‘putus sekolah’, maka dia harus masuk TK A.

Namun demikian, kemampuan Fauzan sangat luar biasa. Fauzan sudah bisa membaca dengan lancar. Bahkan kata yang sulit sekalipun; misalnya bunga, menyanyi, pulang, telinga, dan sebagainya. Juga telah mampu berhitung dengan tepat penjumlahan dan pengurangan. Selain itu, mengajinya pun sangat semangat. Karena pertimbangan itulah, Fauzan bisa masuk TK B awal bulan ini.

Namun, ada sedikit kendala. Motorik kasar dan motorik halus Fauzan masih sangat kurang. Saya mendapatkan laporan dari Wali kelasnya, di awal bulan ini, Fauzan belum bisa memegang pensil dengan benar. Selain itu, memegang gunting pun masih salah. Apatah lagi menulis. Jika pun dia telah mampu membuat coretan, coretan Fauzan masih belum memiliki tekanan. Dan ini yang pada akhirnya membuat Fauzan jadi sering menangis di kelas. Dia menangis karena dia ingin seperti temannya, tapi belum bisa. Dia melihat temannya sudah selesai, sedangkan dia belum menulis apa2.

Selain itu, sisi emosi Fauzan juga harus menjadi perhatian. Di TK B, selain menangis karena tak bisa menulis, Fauzan juga menangis karena ‘dikalahkan’ oleh temannya. Memang, perasaan Fauzan sangat halus. Dia menghargai pertemanan, tak pernah melawan, dan cenderung menghindari konflik. Fauzan juga tidak suka berebut. Fauzan lebih suka mengalah. Tapi mengalahnya Fauzan masih disertai dengan perasaan tidak ikhlas. Itu lah sebabnya, dia lebih sering menangis.

Tapi kedua kendala diatas, bisa diatasi. Saya dan wali kelas mencoba bekerja sama. Di rumah, saya mengajak Fauzan ‘belajar’. Informasi dari wali kelasnya, yang bisa saya lakukan adalah mengasah motorik halusnya. Mengasah motorik halus ini bisa dilakukan dengan Β meremas plastisin, meremas kertas, menggunting, menepuk lantai, bermain pasir, meremas beras atau kacang hijau, menggambar, dan menulis.

Saya dan wali kelasnya yakin, dalam beberapa bulan ke depan, Fauzan mampu menyamai kemampuan standar kawan-kawannya. Saya dan wali kelasnya bersungguh-sungguh, bahu membahu, menuntaskan ‘kekurangan’ Fauzan yang seharusnya ‘diselesaikan’ di TK A. Tak henti-hentinya saya menanyakan kepada beliau, hari ini bagaimana perkembangan Fauzan.

Pada akhirnya, saya dan Fauzan membuat jadwal ‘belajar’ yang telah kita sepakati bersama. Meskipun jadwal itu mau tidak mau membuat saya harus berhenti ‘mencari penghasilan tambahan’ diluar penghasilan utama saya di SMPIT Insan Kamil. Ah, tidak ada yang dikorbankan demi anak, koq. Bagaimanapun, Fauzan tetap nomor 1.

 

***
..:: LaiQ ::..
Sidoarjo, 13 September 2012
15:26

Jazakumullahu khairan katsiir, kepada guru-guru KBIT dan TKIT Insan Kamil Sidoarjo yang telah membimbing anak saya Fauzan dalam beberapa bulan ini. Meskipun harus terseok, saya dan Fauzan akan berusah mengejar ketertinggalan kami.

 

 

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

27 thoughts on “[Diary Fauzan] Awal Masuk di TK B

  1. aririndupurnama 21 September 2012 pukul 6:47 AM Reply

    semangat belajar ya fauzaaaaaannnnnn……^^9

    Suka

  2. mebigina 20 September 2012 pukul 4:16 PM Reply

    mas fauzan yang semangat yaaaa….bundanya juga. .ceumangadhhh bunbunπŸ˜€

    Suka

    • Lailatul Qadr 21 September 2012 pukul 11:52 AM

      Insya Allah semangaaaaat…!

      Suka

  3. fauzanmm 14 September 2012 pukul 3:30 PM Reply

    waduh, yang namanya fauzan itu kebanyakan pinter” yahπŸ˜€

    Suka

  4. thetrueideas 14 September 2012 pukul 8:55 AM Reply

    wah, Fauzan hampir sepantar anak saya, tapi masih di TK A, yang cemungudh #eaa Fauzan….

    Suka

    • Lailatul Qadr 14 September 2012 pukul 9:00 AM

      eaaa, Mr. Syamsul… Insya Allah cemungudh, koq…

      Suka

  5. Faraziyya 13 September 2012 pukul 5:43 PM Reply

    fauzan~
    semangaaatt~
    ada fauziyyah disini~
    #lho
    hahaπŸ˜€

    Suka

  6. cawah 13 September 2012 pukul 4:11 PM Reply

    hehehhe….fauzan SDnya dimana ya…

    Anak ganteng pinter dan sholeh itu fauzanπŸ™‚

    Suka

    • Lailatul Qadr 13 September 2012 pukul 4:40 PM

      Aamiin… SD nya, yang jelas di SD yang mendukung program Umminya…πŸ™‚

      Suka

  7. titintitan 13 September 2012 pukul 4:05 PM Reply

    ^^ senang membaca jurnal ttg fauzan

    Suka

    • Lailatul Qadr 13 September 2012 pukul 4:39 PM

      Hoho… Jurnal tentang Fauzan yang sedang berjuang. Mohon doanya…

      Suka

  8. nazhalitsnaen 13 September 2012 pukul 3:45 PM Reply

    waaaaaaah jadinya berasa kek kembali ke jaman TK dulu
    samar2 teringat betapa perkembangan saya dulu juga tertatih2

    tapi yo lupa2 inget kek gimana saya dulu TKnya la wong orang tua ndak mendokumentasikannya…

    jadi kalau mbak dokumentasikan gini, entar Fauzan gedhe bisa inget tuh masa2 TKnyaπŸ™‚

    Suka

    • Lailatul Qadr 13 September 2012 pukul 3:48 PM

      Katanya besok… Koq sekarang dah komeng…? Gak konsisten… Hehehe…

      Iyah, lagi pengen nulis tentang Fauzan soalnya…πŸ˜€

      Suka

    • nazhalitsnaen 14 September 2012 pukul 7:16 AM

      beko=nanti mbak… kalau bisuak=besok
      nah saat chatting kemaren saya tuh pake beko deh rasanya hehehehe

      Suka

    • Lailatul Qadr 14 September 2012 pukul 7:45 AM

      Iya, pake beko… bukan bisuak…

      Maaf ya.. dah sotoy banget…

      Suka

    • nazhalitsnaen 14 September 2012 pukul 8:05 AM

      hehehe tak apo2…
      ya berarti Uni Ino kudu belajar baso urang Minang dong hihihi

      Suka

    • Lailatul Qadr 14 September 2012 pukul 8:31 AM

      Hihihi… Bolehlaah… kapan2…

      Suka

  9. suara gresik 13 September 2012 pukul 3:40 PM Reply

    semoga jadi anak yang sholeh ..amiin

    Suka

    • Lailatul Qadr 13 September 2012 pukul 3:42 PM

      Aamiin… Wah, cepet banget komennya…? Lagi OL…?πŸ˜€

      Suka

    • suara gresik 13 September 2012 pukul 3:44 PM

      ya ini…..jadi komentator pertamax

      Suka

    • Lailatul Qadr 13 September 2012 pukul 3:46 PM

      Satu lagi, hattrick tuh…

      Suka

    • orain 14 September 2012 pukul 5:07 PM

      yg betul hattrick, ummi ino

      Suka

    • Lailatul Qadr 15 September 2012 pukul 5:23 AM

      Udah diganti.. terima kasih…

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan β„’

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Gelbo The Explorer

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilΓ©t/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: