Ruang Hati – Ruang Imaji


Hati… tak punya ruang. Tak seperti jantung yang jelas-jelas memiliki 4 kamar; 2 serambi dan 2 bilik. Tapi mengapa ada lirik lagu Ungu yang mengisahkan tentang hati yang hampa? Seolah-olah, hati memiliki ruang. Dan ketika ruangan itu kosong, maka hampalah yang dirasa.

Tentang hati, dalam sebuah hadits dikatakan, “Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya dan Jika ia buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya, ia adalah hati.” (Muttafaq ‘alahi). Dalam hadits itu tak dibahas bahwa hati memiliki ruang.

Tapi… bagi orang melakolis yang lagi romantis dan hanya bisa meringis di saat hujan gerimis, hati, memiliki banyak ruang. Dan luar biasanya, dalam satu ruang, ada satu nama. Nah, bayangin ajha kalau kita kenal dengan seribu nama. Pasti ada seribu nama itu juga di dalam hati kita. Sayangnya, kapasitas hati, tidak sesedikit itu. Mungkin ada puluhan ribu bahkan jutaan nama yang pernah singgah. Sempit donk, ya ruangannya…?

Nama ibarat pintu masuk ke dalam salah satu ruang hati. Dan kuncinya, kita bisa memilih sendiri kunci mana yang tepat, yang bisa membuka ruang hati itu.

Nama-nama yang terpahat di ruang hati, pastilah nama-nama yang memiliki keterkaitan emosional. Baik itu suka, duka, benci, cinta. Ketika sebuah kata yang menjadi kunci tiba-tiba berada di tangan, sepersekian detik kemudian, sang waktu menyedot tubuh kita untuk masuk ke dalam salah satu ruang hati.

Hehe… Apa toh? Tulisan gak mutu.

Sejenak, di senja yang gerimis ini, saya ingin menuliskan :

Kalau benar hati itu beruang-ruang, maka akan kubiarkan satu ruang itu selalu ada. Suatu ruang yang terkunci rapat dan tak akan ada yang mampu membukanya.

Ruang yang terukir satu nama di pintunya. Ruang yang indah berlukiskan kisah tentang kita. Ada tawa, ada canda, ada marah, ada cinta, terpampang di dindingnya.

Ruangan yang selalu berhambur seribu mawar dan potongan-potongan purnama. Ruangan yang cantik di kala senja dengan warna jingganya. Ruangan dengan wewangian pinus dan petrichor di setiap milimeter persegi sudutnya. Ruangan yang berkilau dengan jutaan butiran biru di dalamnya. Ruangan yang selalu melantunkan lagu-lagu ceracau hujan. Ruangan yang akan membawa waktu kembali ke angka 0 dan 1.

Ruangan itu…. Akan selalu ada disana. Saat aku ingin menemuimu, maka akan aku buka pintunya. Meskipun untuk mendapatkan kuncinya, aku harus menyelam ke dasar 7 samudera. Dan saat itu, aku hanya ingin berdiri di tengahnya tanpa ingin melakukan apa-apa.

***
..:: LaiQ ::..
Sidoarjo, 06 Januari 2013
16:25

Postingan perdana di tahun 2013

Tagged: , , , ,

22 thoughts on “Ruang Hati – Ruang Imaji

  1. yisha 7 Januari 2013 pukul 9:16 AM Reply

    maksud kaka, ”aku hanya ingin berdiri di tengahnya” apa ka? di tengah ruang? 😕

    Suka

  2. Kangmasmu 7 Januari 2013 pukul 8:36 AM Reply

    Sometimes I wake up by the door
    Now that you’ve gone, must be waiting for you
    Even now when it’s already over
    I can’t help myself from looking for you

    *Adele

    Suka

  3. monda 7 Januari 2013 pukul 7:06 AM Reply

    susah dong nyari kunci ke dasar samudera, minjam kapal selamnya siapa? he..he…

    Suka

    • Lailatul Qadr 7 Januari 2013 pukul 7:33 AM

      Kapal selamnya terbuat dari hati juga, mbak….

      Suka

  4. tinsyam 6 Januari 2013 pukul 10:16 PM Reply

    bahas “hati” emang ga ada habisnya ya.. hati bisa peri juga bisa bahagia.. hati punya ruang, juga punya kunci digembok biar ga berruang.. hati pun kudu hatihati dengan hatiku jika ga mau tersakiti.. *paan gitu?

    Suka

    • Lailatul Qadr 7 Januari 2013 pukul 7:32 AM

      Wah… maafkan saya kalau menyakiti hati mbak Tin ya… maaf… maaf… maaf…

      Suka

    • tinsyam 7 Januari 2013 pukul 7:44 AM

      eh ga sakitin kog ino.. hadoh itu kan cuma katakata..😀
      pelukpeluk ino..

      Suka

    • Lailatul Qadr 7 Januari 2013 pukul 9:06 AM

      *peluk peluk juga*

      Suka

  5. Dinar Zul Akbar 6 Januari 2013 pukul 9:21 PM Reply

    kayak lagunya Vina Panduwisata,, eh Panduwisata apa winata ya??
    didadaku ada dirimu, ada kumismu, matamu, hidungmu, jempolmu, kuku kakimu, rambutmu bla bla bla

    itu dada apa lab biologi ya??

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 9:38 PM

      Dinaaaaaaaar…! Bukan Panduwisata, tapi Panduwinata. Hadeeeeuuuuh…

      Bukan di dada, Dinar… Tapi di hati. Dan hati, letaknya bukan di dada. Itu jantung yang di dada.😉

      Suka

  6. j4uharry 6 Januari 2013 pukul 9:20 PM Reply

    Berdiri d tengah dasar samudra ???

    Wah lebay ya liriknya ahah

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 9:36 PM

      Wow.. jangan salaaah…!
      Lagi hunting buat foto bertema “dasar samudera”.😀

      Suka

  7. mutsaqqif 6 Januari 2013 pukul 8:45 PM Reply

    Dan nama pengisi ruang hati adalah. . .
    *jengjeng!

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 9:34 PM

      Yang jelas, ada nama Nug juga koq di ruang hati saya… #ea

      *ngelirik jam tangan digital di tangan kiri*

      Suka

  8. kantornyayusuf 6 Januari 2013 pukul 8:09 PM Reply

    Jangan keseringan kosong, ntar masuk angin dan flu lagi lho…

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 9:32 PM

      *ngikik*

      Dah dapet obat flu yang ces pleng… thx ya, Mas…

      Suka

  9. Iwan Yuliyanto 6 Januari 2013 pukul 5:38 PM Reply

    Ungu sepertinya tidak belajar biologi saat itu🙂

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 5:48 PM

      Hahahaha… Pak Iwan bisa ajha…

      Terima kasih sudah berkunjung, Pak…

      Senangnya bertemu teman2 multiply disini… ^_^

      Suka

  10. matahari_terbit 6 Januari 2013 pukul 5:24 PM Reply

    ruang kosssoooong.. hihihi

    Suka

    • Lailatul Qadr 6 Januari 2013 pukul 5:37 PM

      Cepet banget niy, komennya… baru juga diposting…

      Hu um. Asal jangan bangku kosong ajha mbak Jar…

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan ™

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Gelbo The Explorer

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilét/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: