[Diary Fauzan] Robot


Membaca menjadi hobby yang kembali ditekuni oleh Fauzan dalam 2 minggu terakhir. Buku yang dibaca tentu saja hal yang menarik perhatiannya. Dalam 2 pekan belakangan, dia sedang gandrung dengan buku yang berjudul “Aku Suka Belajar Robot”.

Buku yang saya beli seharga 10ribu rupiah di Gramedia Matraman itu, sampai lecek karena sering dibuka dan dibaca olehnya. Halamannya pun hampir prothol. Bahkan ada dua halaman yang sobek. Namun, dia berinisiatif untuk memberi isolasi halaman yang sobek tadi.

Semalam, setelah selesai membaca, saya pikir saya perlu sedikit melakukan evaluasi. Saya iseng-iseng bertanya :

1. Siapa penemu kata robot?
2. Pada saat apa dia menemukan kata robot?
3. Apa guna manusia menciptakan robot?
4. Manusia yang di dalam tubuhnya ada robotnya disebut apa?
5. Robot apa yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia?
6. Untuk apa robot nano masuk ke dalam tubuh manusia?

Dan keenam pertanyaan diatas dijawabnya dengan benar.

1. Karel Capek
2. Pada saat dia ingin membuat sebuah cerita tentang manusia buatan yang bisa melayani manusia.
3. Membantu pekerjaan manusia.
4. Cyborg.
5. Robot nano.
6. Bisa untuk menghancurkan penyakit dalam tubuh manusia.

Hmm… tak semua anak memiliki kemampuan seperti Fauzan. Kegemarannya membaca, kemampuannya menyerap apa yang dia baca, kemampuannya menceritakan kembali, kemampuannya mengambil point-point penting dari apa yang dia baca, dan motivasinya yang tinggi untuk belajar.

Di usia Fauzan yang 6 tahun 6 bulan ini, dia masih fokus terhadap 3 hal :pesawat, robot, dan tubuh manusia. Buku-buku yang membahas tentang ketiga hal itu sering dia buka dan dia baca. Gambar-gambar pun demikian. Misal saat saya membuka instagram dan disana ada seorang teman yang mengunggah aktivitasnya di pesawat, dia pasti sudah ribut ingin ikut melihat. Maka tak heran jika di tengah melakukan aktivitas apa saja tiba-tiba dia nyeletuk, “Manusia membuat pesawat karena manusia ingin terbang seperti burung.” Atau begini, “Di dalam perut Ummi dulu, aku makan lewat pusarku, ya Mi?” Atau bisa jadi, “Nanti, kalau aku besar aku mau membuat robot yang bisa mencabut gigi.”

Hihihi… Lucu ya?

image

Saya, Fauzan, dan Robot (Mainan)

Ngomong-ngomong soal robot, Fauzan ini benar-benar ingin belajar membuat robotnya sendiri. Kapan ya, bisa punya waktu untuk mengajaknya belajar dengan Ustadz Arief Yudanarko…?

***
..:: LaiQ ::..
Sidoarjo, 08 Oktober 2013
03:57

Niatnya posting semalam. Tapi karena ketiduran jadi baru bisa posting pagi ini. Btw, saya numpang narsis ya. ^_^

Posted from WordPress for Android

Tagged: , , , , , , , ,

15 thoughts on “[Diary Fauzan] Robot

  1. ayanapunya 8 Oktober 2013 pukul 8:48 AM Reply

    Calon insinyuurπŸ™‚

    Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 10:41 AM

      Dia pengennya jadi dokter, pilot pesawat tempur, dan pengusaha. Tidak ada kata insinyur dalam kamusnya. Hehe

      Suka

    • ayanapunya 8 Oktober 2013 pukul 10:48 AM

      Waah kereen!πŸ™‚

      Suka

  2. titintitan 8 Oktober 2013 pukul 8:45 AM Reply

    ada anak temen kantor yg sekarang usianya blm 5 th. udh bisa baca tulis lancar. daan gakmau sekolah. maunya sekolah robot. akhirnya di masukin ke sekolah robot.

    Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 10:41 AM

      Wah… Ada yah…? Di Sidoarjo ada gak ya?

      Suka

    • titintitan 8 Oktober 2013 pukul 11:50 AM

      di sini adaa. coba aja mba, siapa tau ada di sidoarjo ;d

      Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 12:28 PM

      Semacam homeschooling bukan?

      Suka

    • titintitan 8 Oktober 2013 pukul 12:34 PM

      bukan setau titin. sekolah biasa aja.

      Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 12:35 PM

      Hmmm… kayanya di sidoarjo blm ada.

      Suka

  3. andiahzahroh 8 Oktober 2013 pukul 8:24 AM Reply

    Wah, Fauzan cerdas ya Mbak
    celetukannya itu loh
    Kalo udah nampak minatnya apa dari kecil jadi lebih mudah diarahkan nantinya ya
    Pesawat, robot, tubuh manusia. Waah ini anak IPA bangetπŸ˜€

    Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 10:40 AM

      Hehehe… Abinya dokter siy. Buku2 Abinya suka dibuka2 sama dia

      Suka

  4. ayanapunya 8 Oktober 2013 pukul 8:18 AM Reply

    Calon insinyur nih, fauzan πŸ™‚

    Suka

  5. Iwan Yuliyanto 8 Oktober 2013 pukul 5:11 AM Reply

    Fauzan sepertinya sudah bakat jadi menristekπŸ™‚

    Sekarang banyak dijual kit-kit untuk membuat robot untuk bekal belajar praktek bagi Fauzan.
    Fauzan juga perlu diperkenalkan dengan Ibnu Ismail Al Jazari, orang yang pertama kali menemukan sistem robotika modern.

    Suka

    • Lailatul Qadr 8 Oktober 2013 pukul 5:26 AM

      Aamiin.

      Baik, Pak Iwan. Coba nanti saya baca2 lagi.

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan β„’

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilΓ©t/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: