[Pasca Opname] DARI BATUK HINGGA DIET YANG MAHAL


Keluar dari Rumah Sakit, tentu saja membuatku sangat bahagia. Selain karena aku sudah terbebas dari selang-selang infus, jarum suntik, dan ‘kesendirian’, kakiku yang sakit karena kecelakaan tempo hari, sudah tak terlalu terasa sakitnya.

Tapi, sekeluarnya dari sana, aku ‘terserang’ batuk. Aku coba memberi dadaku dengan olesan vicks, minum larutan jahe hangat, minum teh hangat, dan bahkan pijat seluruh tubuh. Namun batuk tak kunjung mereda. Saat tidur, aku memang tak akan terbatuk. Tapi jika terbangun, batuk itu njeglik, kata orang Jawa. Tersiksa rasanya.

Para Pengantre Poli Jantung

Para Pengantri Poli Jantung

Sampai pada Jum’at (21 November 2014) malam, ketika kontrol pertama, aku tahu penyebab batukku selama ini. Dokter Umira bilang, batukku terjadi karena aku kebanyakan minum. Pantas saja, semakin banyak aku minum, semakin njeglik juga batuk itu menyertaiku. Terlebih kalau minumnya langsung banyak, misal 200 ml. Seketika itu pula aku akan terbatuk.

“Lalu, sebanyak apa saya boleh minum, Dok…?” Tanyaku ketika itu.

“Berat ibu, berapa…?”

“Tidak tahu, Dok… Belum timbang.”

“Silakan timbang dulu.”

“64 eh… 65, Dok,” jawabku ketika aku turun dari timbangan.

“Dengan berat segitu, ibu hanya boleh minum 1,5 liter sehari.”

Hah…? 1,5 liter. Bisa dehidrasi nanti… Pikirku saat itu. Selama ini, aku ‘unta’. Minumku banyak. Terlebih dengan aktivitas mengajar di depan kelas dan kelas yang tak berpendingin. Pastilah, siapa saja guru yang mengajar akan banyak mengeluarkan keringat.

“Dokter, tidak adakah obat untuk batuk saya…?”

“Ya, itu tadi… Kurangi minum. Dan ini saya kasih obat yang efeknya, ibu akan sering BAK.”

Aku pasrah saja dengan ‘apa kata dokter.’

Jum’at 21 November 2014 Saat Kontrol

Aku dan suami, baru berangkat dari rumah papa ke RS Siti Hajar pukul 18.00. Padahal loket sudah buka dari pukul 17.00 dan seperti dugaanku, nomor urutku untuk dipanggil adalah nomor 26. Huwaaaaaaaa… Bakal sampai jam 12 malam nih, begitu pikirku.

Oia, karena aku belum sempat makan malam saat berangkat, aku minta suami untuk membelikanku makanan berat untuk disantap malam ini. Tadi, aku melihat ada gerobak sate yang mangkal di depan RS. Aku memintanya membelikanku lontong sate. Makanan praktis untuk makan malam. Tak perlu sendok, tak pedas, dan rasanya pasti maknyus.

Aku tak terlalu peduli dengan orang-orang yang melihatku. Aku dengan santai menghabiskan 10 tusuk sate ayam dan lontongnya. Kubagi suamiku, sedikit. Agar tak tampak pelit pada sang pujaan hati. Hehe…

Pukul 19.50, Dokter perempuan dengan rambut terurai dan jas berlengan panjang berwarna putih, melenggang dari pintu masuk menuju ruang poli Jantung. Alhamdulillaah… akhirnya, Dokter Umira pun datang.

Iseng Motoin Kaos Kaki

Iseng Motoin Kaos Kaki

Satu per satu pasien dipanggil. Masing-masing pasien menghabiskan waktu kurang lebih 8 – 10 menit di dalam ruang dokter. Entah, apa saja yang dilakukan di dalam. Beberapa kali kantukku datang akibat kenyang dan lelah, tapi aku tahan. Hingga pukul 21.00, aku tak mampu lagi menahan kantuk. Kupejamkan saja mataku yang sudah berat ini sambil mencari posisi paling nyaman untuk tidur. Walhasil, aku tertidur pulas… Sangat pulas. Lumayan… 60 menit. Ternyata, tak hanya aku yang tertidur. Beberapa pasien lain dan keluarganya pun pulas diatas karpet karet di tempat mainan anak.

Tidur satu jam itu pun, belum membuat namaku dipanggil masuk ke dalam ruangan. Aku masih harus menunggu 1 jam lebih untuk akhirnya aku diperbolehkan masuk dan bertemu dengan dokter Umira.

Ooooh… Sebuah nama dari pengorbanan demi sebuah kata, SEMBUH.

Diet yang Mahal

Seperti yang kuceritakan diatas, beratku menjadi 64,5 kg, dan itu artinya turun 7 kg dari beratku sebelumnya. Dikurangi dengan baju-baju yang berlapis, bisa jadi beratku tinggal 63 kg. Sungguh… Sebuah momen kehilangan berat badan dalam waktu yang sangat singkat, 3 minggu, dan dengan biaya yang sangat mahal, mungkin sekitar 12 juta.

Semoga tak terjadi lagi… Semoga segera pulih setelah ini… Katup dan kerja otot jantung kembali normal, nafas tidak ngos-ngosan, dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Mohon do’anya para sahabat…

 

***
..:: LaiQ ::..
Sidoarjo, 25 November 2014
12:09

NB : Saat kontrol, aku disuruh suami pake kursi roda.

Tagged: , , , , , ,

9 thoughts on “[Pasca Opname] DARI BATUK HINGGA DIET YANG MAHAL

  1. thetrueideas 28 November 2014 pukul 12:15 PM Reply

    moga gak diet kek gitu lagi mbak Lai…dan mudah2an sehat selaluπŸ™‚

    Suka

  2. ayanapunya 25 November 2014 pukul 8:28 PM Reply

    kayak istri dosenku waktu di kantor yang lama. beliau juga sempat kena sakit jantung yang minumnya harus dibatasi banget.
    semoga lekas sembuh ya, noπŸ™‚

    Suka

  3. pitaloka89 25 November 2014 pukul 2:37 PM Reply

    Kebanyakan minum juga ga boleh ya? Ko bisa ya… Kirain semakin banyak minum semakin bagus. Apa untuk kondisi mba aja ya yang memang sedang sakit?

    Suka

    • Lailatul Qadr 25 November 2014 pukul 2:39 PM

      Ternyata, penderita jantung seperti saya, minum pun harus ditakar Mbak… Saya juga mengira, tidak mengapa kalau saya banyak minum. Ternyata salah…😦

      Suka

    • pitaloka89 25 November 2014 pukul 2:42 PM

      Ooo… berarti untuk kondisi tertentu saja ya…
      Semoga lekas baikan ya mba. Mamah saya juga ada sakit jantung. Sekarang jadi ada 2 obat yang harus diminum seumur hidup setelah yang satunya obat tumor…😦

      Suka

    • Lailatul Qadr 25 November 2014 pukul 2:56 PM

      Aamiin… Syafakillaah untuk Mamahnya mbak Mira… Semoga Allah mengangkat semua penyakitnya dan menggugurkan dosa-dosanya… Aamiin

      Suka

    • pitaloka89 25 November 2014 pukul 5:08 PM

      Aamiin… Untuk mba juga ya…

      Suka

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The True Ideas

(Ideas...don't die!)

Asmadi Tsaqib

Belajar, Berusaha, dan Berdo'a . . .

Ana Khoiruroh

Sederhana itu indah

Arisan Kata

Jangan Pernah Berhenti Untuk Menghiasi Dunia Dengan Kata

catatanalia

Hidup Boleh Sekali Tetapi Sekali Hidup Harus Berarti

Sajak Demokrasi

Memaknai Hidup Sebelum Tertidur

NailahKhansa

what I want, will I get with my ability. And I would believe that

another stories.

There's nothing perfect

we are who we are

just enjoy your life

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Khachaunw

#JOHITZ #KITARAPOPO

Just A Little Girl

Yesterday History, Tomorrow Mystery

Muslim Forester

Konservasi tak sekedar perlindungan

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Berbagi Motivasi dan Inspirasi

Diary Hujan β„’

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

shabrina si princess

Tempatku Berbagi Kisah...^_^

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Nurita Putranti

eNPe berbagi pengetahuan dan pengalaman

MOERI ABDUH

corat-coret di dinding revolusi

Try 2B cool 'n smart...

Akin is speaking

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

Suka Roda Dua

Pecinta Roda Dua

Catatan Cinta Najma

Melangitkan Cinta.. Mendekap Cita.. Menggapai Syurga..

Ransel Reot

"Ransel dipunggung dan berpetualang!!!"

Dailynomous

Bukan Buku Harian Untuk Dituliskan Bukan Diabadikan

Ika Wulandari (Gelbo)

My so *not* interesting journey

Noted

once upon a time...

Blogger Cilet-Cilet

cilet /cilΓ©t/ a, cilet-cilet a 1 tidak sungguh-sungguh; 2 pura- pura; 3 ecek-ecek: blogger ~; traveler ~

CATATAN CADERABDUL PACKER

Doyan Kelayapan, Backpackeran, Travelling, Moto, Coretan, Celotehan

Zaydan's Room

Great place to pour Creatives Ideas

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

Dapur Hangus

Catatan Chef Abal-abal

Catatan Keluarga Darmawan

....life is an adventure, never stop try and pray ....

RANISROOM

selamat datang di bilik cinta Rani

~*Catatan Perjalanan*~

Karena memori kita tak senantiasa ada di sana - menyimpan semuanya

expareto.wordpress.com/

A FREEDOM OF WRITING

Moel

catatan refleksi & pemikiran

ngopi saja

pura-pura blogging sambil ngopi

ASE ADVENTURE

You Never Know What The Mountain Will Teach You

Secarik Motivasi Diri

Selalu ada hikmah di balik tulisan

Berbagi Kisah

Let's share and we have fun!

syifarahmp

My Passion In Life

Ghazwanie mind(ed)

sebuah catatan untuk ketiga anakku tersayang

Sekedar curhat

Tulisan curahan hati

Hidup Tidak Mengenal Siaran Tunda

Blog pindahan dari kopiradix dot multiply dot com

%d blogger menyukai ini: