Sehari Dua Poli


Baru kali ini saya memanfaatkan fasilitas sehari 2 poli untuk pengguna BPJS di RS Dr Soetomo Surabaya.

Pertama, kami ke Poli Jantung Anak. Yang kedua kami ke Poli Anak Endokrin. Keduanya dapat resep dan keduanya tak perlu membayar sepeser pun. Saya belum pernah mencoba menggunakan fasilitas sehari 2 poli ini di RS Siti Khodijah, faskes kedua dari BPJS saya.

Dulu pernah menggunakan fasilitas ini di RSUD Sidoarjo. Tapi itu karena Alma 3 hari baru keluar dari RS. Jadi memang semacam diarahkan untuk mendatangi 3 poli sekaligus. Lumayan memakan waktu saat itu. Dari pagi sampai hampir sore, kami berada di RS. Pengguna BPJS harus tahan banting terhadap ‘siksaan’ mengantri.

Entah, apa yang harus diperbaiki dari antrian panjang ini di setiap RS rujukan. Sistem informasi sudah sangat baik. Kami tak perlu kemana² bawa fotokopian ini dan itu. Hanya cukup surat rujukan dan kartu rekam medis saja. Bahkan kartu BPJS juga tak diperlukan. Karena sistem informasi sudah membaca kalau kami pengguna BPJS mandiri aktif, tak pernah menunggak.

Tambahan, jika kontrol ke Jantung Anak, kami harus membawa kartu kontrol obat. Jika ke Rehab Medik, kami harus membawa kartu jadwal terapi. Kalau ke Ahli Gizi, kami harus membawa buku catatan rekam jejak berat badan anak dan terapi yang telah diberikan. Jika ke Endokrin, kami harus membawa hasil lab dari klinik PA di RS.

Meski banyak kartu yang dibawa, tapi ini sama sekali tidak merepotkan. Tidak seperti dulu. Harus banyak-banyak foto copy ini dan itu. Pokoknya sekarang jauh lebih ringkas lah…

Bravo lah… Untuk sistem informasi BPJS dan RSDS. Semoga semakin maju dan memangkas waktu tunggu para pasien dan keluarganya. Semangaaaaaat…

###

Sidoarjo, 04 Agustus 2023

3 tanggapan untuk “Sehari Dua Poli

Monggo bagi yang ingin menambahkan komentar